Minggu, 17 Februari 2019

6 Manfaat Membaca untuk Kesehatan


Anda suka membaca?. Jika iya maka itu sangat bagus. Karena dengan membaca anda dapat memperoleh  ilmu dan wawasan yang luas. Seperti halnya apa yang anda lakukan sekarang.

Tapi, selain untuk mendapatkan ilmu dan wawasan, ternyata membaca memiliki banyak manfaat untuk kesehatan anda. Berikut ini beberapa manfaat dari membaca untuk kesehatan:

1. Mengurangi stress


Buat anda yang sering stress karena terlalu banyak pekerjaan yang harus diselesaikan atau karena terlalu banyak masalah serta tekanan yang terus menghantui pikiran anda, solusinya adalah dengan memperbanyak membaca.

Membaca dapat menurunkan tingkat stress hingga 67%. Karena di saat anda membaca, pikiran anda akan menjadi lebih santai. Hal ini terjadi karena membaca dapat menekan perkembangan hormon stress.

Selain itu dengan membaca novel atau tulisan inspiratif dapat membuat anda menjadi lebih rileks. Karena, anda akan di bawa ke dalam alam lain sehingga dapat mengalihkan perhatian anda dari hal-hal yang membuat anda stress.

2. Mencegah penyakit alzheimer


Hingga saat ini obat dari penyakit alzheimer belum dapat ditemukan. Tapi anda tidak perlu khawatir, karena penyakit ini dapat dicegah. Yaitu dengan memperbanyak membaca.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Rush University Medical Center, ada beberapa kegiatan sehari-hari yang dapat mengurangi kemungkinan alzheimer. Salah satunya adalah membaca.

3. Menstimulasi mental


Semua organ tubuh manusia memerlukan latihan agar menjadi lebih kuat dan tetap sehat. Tidak terkecuali dengan otak. Dengan membaca dapat melatih otak anda untuk tetap aktif dan melakukan fungsinya secara baik dan benar sehingga tidak tidak mudah kehilangan ingatan.

4. Menumbuhkan rasa empati


Buat anda yang suka membaca cerita fiksi pasti sering terbawa ke dalam suasana cerita tersebut. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh The New School for Social Research, bahwa dengan membaca terutama cerita fiksi dapat membantu seseorang untuk memahami apa yang dipikirkan oleh orang lain dari emosi yang disajikan.

Ini selaras dengan penelitian yang dilakukan oleh New York University bahwa dengan membaca buku dapat meningkatkan kemampuan anda untuk memahami perasaan orang lain. Sehingga kualitas hubungan anda dengan orang lain menjadi lebih baik.

5. Memperbaiki kualitas tidur


Anda sering tidak nyenyak saat tidur?. Jika iya, maka solusinya adalah memperbanyak membaca. Karena hanya dengan membaca dalam waktu 6 menit dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks secara signifikan.

Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh universitas Sussex yang diketuai oleh Dr. David Lewis.

6. Memperpanjang umur


Apa, memperpanjang umur? Itu tidak mungkin. Memang umur kita telah ditetapkan oleh Allah Subhana Waa Ta'ala. Tapi tidak ada salahnya jika kita berusaha untuk bisa hidup lama karena kita tidak tahu kita akan meninggal.

Hal ini didasarkan dari penelitian yang dilakukan oleh Yale University's School of Public Health bahwa mereka yang meluangkan untuk membaca memiliki peluang untuk hidup lebih lama.

Diperkirakan hanya dengan waktu 3,5 jam dalam seminggu dapat memperpanjang umur selama 23 bulan.

2 comments


EmoticonEmoticon

5
6