Jumat, 22 Februari 2019

5 Manfaat Buah Salak bagi Ibu Hamil


Manfaat Buah Salak Bagi Ibu Hamil – Dalam bahasa ilmiah, buah salak disebut dengan Salacca Zalacca, yaitu salah satu buah asli dari Sumatra Selatan, Jawa Barat, dan beberapa daerah lain dibelahan dunia. Kulit salak yang dipenuhi sisik membuat buah ini dikenal sebagai buah ular di beberapa negara diluar indonesia. Meskipun dari luar salak terlihat hitam, daging dari buah ini sangat manis dan memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita, tidak terkecuali ibu hamil.

Seperti judul yang sudah kita lihat bersama, kali ini kita akan membahas mengenai manfaat buah salah bagi ibu hamil. Dan sebelum melanjutkan pembahasan, jangan lupa untuk terus update informasi terbaru kamu dengan membaca kumpulan artikel menarik dari website kita. 

5 Manfaat Buah Salak Bagi Ibu Hamil

Mencegah Terjadinya Diare

Selain daun jambu biji, ternyata buah salak juga memiliki khasiat yang sama dalam membantu pencegahan diare seseorang, termasuk bagi ibu hamil. Tidak sedikit kasus terjadi, dimana seorang ibu hamil mengalami diare bahkan sembelit karena diakibatkan perubahan hormonal yang terjadi didalam tubuhnya.

Jika anda seorang ibu hamil, dan mengalami diare atau sembelit dan khawatir sembarangan meminum obat berdampak buruk bagi janin, anda bisa mengkonsumsi buah salah untuk meredakan diare. Selain berasal dari bahan yang alami, buah salak tentunya memiliki tingkat safety yang lebih tinggi bagi ibu hamil ketimbang harus mengkonsumsi zat zat kimia didalam obatan obatan.


Mengatasi Gejala Anemia

Mungkin kita semua sudah tahu bahwa anemia adalah kondisi dimana tubuh kita kekurangan zat besi dan sel darah merah. Dan kita pun juga tahu bahwa seorang ibu hamil sering menghadapi kondisi dimana tubuh mereka mengalami kekurangan sel darah merah saat mengandung baby. Tapi tahukah anda? Dengan mengkonsumsi buah salak, kandungan zat besi, dan tiamin yang terdapat didalamnya sangat berkhasiat mengatasi gejala anemia seseorang, termasuk pada ibu hamil. Kedua zat ini memiliki peran peranan penting bagi bumil dalam pembentukan sel darah merah didalam tubuh, serta memompa darah yang dibutuhkan oleh janin saat berada didalam kandungan.


Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ada banyak sekali cara untuk memenuhi kebutuhan vitamin C kita sehari hari, baik itu dengan mengkonsumsi sayur sayuran, atau buah buahan. Dan salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin C adalah salak. Menurut penelitian, buah salak adalah salah satu sumber anti-oksidan yang sangat baik bagi ibu hamil dan memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Dan kombinasi dari kedua senyawa ini (anti-okasidan dan vitamin C) akan menghasilkan daya tahan tubuh yang kuat terhadap serangan bahaya dari luar baik itu radikal bebas, bakteri atau pun virus. Sehingga, apabila kondisi ibu hamil dalam keadan sehat walafiat, diharapkan bayi yang berada didalam janin pun juga berada dalam kondisi sehat sebagaimana kondisi ibu yang mengandungnya.


Menjaga Kesehatan Mata Ibu Hamil dan Janin

Bersyukur kita masih diberikan nikmat kedua mata yang sehat dan dapat melihat dengan normal tanpa memerlukan alat bantu yang merepotkan. Dan salah satu tips bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan mata ibu dan janinnya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, termasuk salah satunya dengan mengkonsumsi buah salak. Selain vitamin C dan anti-oksidan, buah ini ternyata mengandung betakaroten lima kali lebih banyak dibandingkan buah wortel, tomat dan mangga. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi ibu hamil mengkonsumsi buah salak untuk mendapatkan perkembangan mata yang sehat pada janin yang dikandung.


Membantu Perkembangan Otak Janin

Memang benar, kandungan Omega-3 yang terdapat didalam minyak ikan kod terbukti ampuh melancarkan peredaran darah didalam otak, sehingga mampu memaksimalkan kinerja otak lebih aktif dari biasanya. Tapi tunggu dulu, bukan hanya minyak ikan kod saja yang mampu mengoptimalkan kinerja otak kita. Karena menurut penelitian, buah salak juga memiliki khasiat yang tidak kalah dengan minyak ikan kod. Didalam buah salak terkandung pektin dan kalium yang bekerja dengan melancarkan sirkulasi darah menuju jaringan otak. Bahkan bukan itu saja, kandungan pektin dan kalium ini juga berfungsi meningkatkan kinerja sel sel saraf yang ada didalam otak kita. Oleh karenanya, dengan mengkonsumsi buah salak, secara tidak langsung janin didalam kandungan kita juga akan mendapatkan asupan kalium dan pektin yang berkhasiat ampuh dalam perkembangan otak.


Tambahan : Mengkonsumsi buah salak memang memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin didalam kandungan. Tapi perlu diingat, sebaiknya jangan mengkonsumsi buah salak secara terus menerus setiap harinya, karena dikhawatirkan dapat mempengaruhi kesehatan rahim yang dimiliki ibu hamil.

Sekian pembahasan dari kita mengenai 5 manfaat buah salak bagi ibu hamil. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa, share artikel ini keteman teman kalian yang juga dalam proses mengandung, agar mereka juga mengetahui informasi menarik yang kita sajikan.


EmoticonEmoticon

5
6